Jumat, 11 Desember 2009

gaul dan siri'

bismmillahi rrahmani rrahim
gaul............... 
kata itu begitu akrab ditelinga kita. seingat saya dulu di dalam suku makassar, gaul begitu tabu untuk dilakukan bila itu antara seorang wanita dan laki-laki.kenapa,... dalam budaya makassar dikenal budaya siri' (malu) dimana budaya siri' tersebut begitu mengikat masyarakat makassar sehingga terjagalah orang-orang yang menegakkannya dari rasa malu karena perbuatan-perbuatan yang masih dianggap tabu tersebut. lihat saja  BASSE dan BASO' saat bicara berdua, mereka tidak pernah melakukannya ditempat yang sepi. kenapa, karena mereka begitu terikat dengan siri' tersebut, mereka malu kalau sampai tersebar berita kalau mere bicara ditempat yang sepi yang tidak ada orang dan lain sebagainya.... dan jika ni terjadi maka biasanya hukum adat akan berjalan... ya minimal dapat cemooh dari orang-orang.
gaul..............
namun demikian dari dulu, nenek moyang kita begitu terbuka dengan orang-orang, bangsa-bangsa yang ingin gaul (bersahabat/kerjasama) dengan mereka, tentunya dalam hal-hal tertentu dimana pergaulan tersebut tidak masuk ke daerah tabu tersebut.


sekarang coba kita lihat...... gaul jaman dulu era 80 an kebelakang dan gaul sekarang.
arti gaul begitu luas dari a-z tidak ada lagi yang tabu dari yang nampak sampai yang tersembunyi. dari desa apalagi kota...... ada apa ini, apa mungkin budaya siri' kita mulai pudar ataukah mungkin telah hilang. si BASSE dan si BASO' sekarang hampir tidak ada jarak lagi ketika bicara, basse dan baso' tidak lagi malu saat naik motor sambil berpelukan.
bahkan era sekarang (maaf) banyak wanita sampai digauli karena salah gaul...bagaimana ini.


ya mungkin sebaiknya kita segera melihat kebelakang dan bercermin dari semua peristiwa, bencana dan cobaan yang ada, apakah ini adalah buah dari pergaulan kita selama ini.....




mari kita merenung dan berfikir apa yang akan terjadi besok jika dengan gaul/pergaulan yang ada sekarang...


wassalam








NB : mohon maaf jika ada kata yang tidak berkenan di hati
         maaf jika ada kesamaan nama dalam tulisan ini, sesungguhnya kami tidak mempunyai maksud buruk apapun








1 komentar: